Kamis, 22 Juli 2010

SOFTWARE SISTEM OPERASI

Software system operasi adalah software yang digunakan untuk mengatur dan mengkonfigurasi perangkat keras (hardware) sehingga computer dapat melakukan tugas-tugas dan Fungsinya.
Contoh-contoh software system operasi adalah Microsoft Windows, Linux, OS/2, UNIX dsb. Software system operasi yang banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Windows dan Linux.
Perkembangan softare sisitem operasi dari Microsoft adalah sebagai berikut :
- Microsoft DOS, adalah system operasi pertama dari Microsoft. DOS ini merupakan system operasi yang masih sederhana, tidak menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan tidak ada dukungan multitasting multiuser.
- Microsoft Windows 1.0, Windows 2.0, Windows 3x (Windows 3.0, 3.1, 3.11), adalah system operasi yang sudah menggunakan GUI dan mempunyai kemampuan multitasting walaupun masih terbatas. Microsoft mulai memperkenalkan Windows 1.0 pada tahun 1985, selanjutnya Windows 2.0 pada tahun 1987, Windows 3.0 tahun 1990, Windows 3.1 tahun 1992, dan Windows 3.11 pada tahun 1994. Pada system operasi ini icon-icon yang ada di desktop merupakan aplikasi aktif.
- Microsoft NT 3.1, NT 3.5, NT 3. 51, dan NT 4.0.
Mulai tahun 1993 sampai tahun 1996 Microsoft meluncurkan system operasi untuk server dan workstation yang mulai dari Windows NT 3.1 kemudian Windows NT 3.5, NT 3.51, dan Windows NT 4.0. Windows NT sudah menggunakan 32 bit sekrupni dan dukungan multitasting.
- Microsoft Windows 95, system operasi ini diperkenalkan tahun 1995. Windows 95 sudah menggunakan GUI secara sekrupni dan sudah bisa menempatkan icon-icon shortcut langsung di desktop, hal ini berbeda dengan windows 3x dimana icon-icon yang terlihat di desktop adalah aplikasi aktif. Selain itu windows 95 sudah mendukung aplikasi 32 bit, multitasting , plug and play, dukungan virtual memory dsb.
- Microsoft Windows 98, Windows 98 SE, Windows ME, dan Windows 2000, adalah system operasi yang menggunakan file system yang lebih baik dan meenghadirkan fitur-fitur internet yang canggih. Sistem operasi Windows 98 diperkenalkan tahun 1998, selanjutnya Windows 98 SE tahun 1999, kemudian Windows ME dan Windows 2000 diluncurkan pada tahun 2000. Untuk Windows 2000 muncul dua versi yaitu edisi professional yang ditunjukan untuk computer desktop perkantoran dan edisi server.
- Microsoft Windows XP, system operasi ini diluncurkan pada tahun 2001 dan merupakan perpaduan dari Windows NT dan Windows NT dan Windows 98. XP singkatan dari Experience yang artinya pembawa pengalaman baru dalam dunia computer. Windows XP memiliki beberapa versi yaitu :
1. Windows XP Proffesional
Versi windows ini ditunjukan untuk computer desktop yang terhubung kedalam jaringan. Versi memiliki fitur jaringan yang lengkap, dan dapat menjadi server. Versi windows ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan data, seerti proteksi file. Service park yang telah dikeluarkan adalah Windows Proffesional SP 1 dan Windows XP Proffesional SP 2. Service park ini dikeluarkan untuk mengatasi berbagai masalah keamanan windows dan melindungi windows dari serangan luar seperti hacker, spyware, dan virus.
2. Windows XP Home Edition
Versi windows ini ditunjukan untuk pengguna rumahan dengan tidak menyertakan beberapa fitur jaringan, seperti tidak dapat bergabung dengan domain windows server (active directory) dan tidak bisa menjadi server.
3. Windows XP Media Center Edition
Windows ini sebenarnya adalah Windows XP Home Edition yang ditambahi fitur-fitur multimedia yang lebih lengkap seperti Personal Video Recording atau perekam video pribadi.
4. Windows XP Tablet PC Edition
Versi windows ini ditunjukan untuk computer tablet ( tablet PC), yaitu computer jenis portable. Windows XP ini berbasiskan Windows XP Proffesional dengan tambahan fitur-fitur tertentu.
5. Windows XP Proffesional x64 Edition
Windows XP ini ditunjukan untuk computer yang menggunakan prosesor dengan arsitektur 64 bit, seperti lntel Core 2 Duo, Pentium D, AMD Athlon 64, Athlon 64 X2 dsb.
6. Windows XP Starter Edition
Windows ini merupakan Windows XP Home Edition yang dibuat dalam terjemahaan bahasa local, seperti bahasa lndonesia, Thailand, Melayu, lndia, America dsb.
- Microsoft Windows Server 2003, system operasi ini diluncurkan pada tahun 2003 dan seperti halnya dengan Windows 2000 Server. Sistem operasi ini digunakan untuk server.
- Microsoft Windows Vista, Sistem ini mulai diperkenalkan pada tahun 2006. Windows Vista kinerja dan performa yang lebih baik dan handal dari Windows XP. Windows Vista memiliki lebih banyak fitur baru dan tampilan grafis yang lebih menawan. Fitur-fitur yang ada seperti Windows Ready Boost, DVD Meker, Windows Photo Galery, Indexing, Windows Meeting Space, dan Windows Explorer yang lebih lengkap, dll.

Berikut ini versi-versi Windows Vista yaitu sebagai berikut :
1. Vista Home Basic
Versi windows ini dirancang pengguna komuter rumahan. Fitur-fitur yang ada pada windows ini antara lain yaitu :
- Windows Firewall, yaitu aplikasi untuk membendung serangan seperti virus, trojan atau spyware.
- Windows Defender, digunakan untuk membendung spyware.
- Instant Search, untuk mencari email dengan mudah
- Internet Explorer 7, adalah aplikasi untuk menjelajah didunia maya (browser)
- Backup and Recover, untuk mngamankan dan mengembalikan data
- Windows Super Fecht, untuk manajement memory
Sedangkan fitur multimedia yaitu :
- Windows Media Player 11, untuk memainkan VCD / DVD, burning, rip dsb.
- Windows Photo Gallery, untuk edit Foto
2. Vista Home Premium
Versi windows ini juga dirancang untuk pengguna computer rumahan sama dengan Home Basic. Windows ini memiliki Fitur-fitur yang sama dengan Home Basic dengan tambahan fitur antara lain yaitu sebagai berikut :
- Aero Glass, untuk memberikan tampilan windows yang lebih menawan dan berbeda.
- Windows Media Center, yaitu aplikasi multimedia untuk memainkan musik, menonton film melihat koleksi foto, merekam siaran TV, menonton TV dan mendengar radio pada media online dsb
- Windows DVD Maker, yaitu untuk membuat menu interaktif DVD
- Windows Movie Maker, untuk editing video atau film.
3. Vista Business
Versi windows ini dirancang untuk pengguna korporat atau kalangan bisnis dan cocok digunakan sebagai system operasi computer di kantor-kantor atau perusahaan. Windows ini memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan para pengguna korporat seperti Right Management Service, Domain Join, IIs Web Server, Complete PC Backup, Fax and Scan, Group Policy Support, dan Volume Shadow Copy. Untuk fitur-fitur lainnya sama dengan versi Home Basic dan Premium kecuali fitur W indows Movie Maker, Windows Media Center, dan Windows DVD Maker yang tidak disertakan pada versi windows ini.
4. Vista Enterprise
Versi windows ini sama dengan Vista Business yang digunakan untuk pengguna korporat atau kalangan bisnis. Versi ini memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan Vista Business dan tambahan satu fitur baru aitu Bit Locker Drive Encription, fitur ini digunakan untuk mengenkripsi drive sehingga system tidak dapat diakses. Versi Vista ini tidak dijual secara satuan (hanya tersedia utuk penjualan volume lisensi).
5. Vista Ultimate
Versi windows ini adalah versi windows yang paling lengkap karena memiliki semua fitur-fitur yang dimiliki oleh versi-versi lainnya. Versi ini memiliki fitur-fitur multimedia sama seperti Vista Home Premium seperti Media Player 11, Windows Photo Gallery, Aero Glass, dan Windows Media Center dan juga memiliki Fitur-fitur bisnis seperti yang dimiliki Vista Business seperti Right Management Service, Domain Join, IIs Web Server, Complete PC Backup, Fax and Scan, dan Group Policy Support.
6. Vista Starter
Versi windows ini hanya memiliki fitur-fitur yang sedikit antara lain yaitu Windows Firewall, Windows Defender, Internet Explorer 7, dan Instant Search. Sedangkan fitur multimedia hanya terdapat Windows Media Player 11.Versi ini dapat berjalan dengan optimal pada computer dengan spesifikasi hardware yang rendah dengan prosesor yang didukung yaitu Intel Pentium III, Intel Celeron, AMD Duron, dan AMD Sempron.
- Linux, adalahsiste operasi yang didistribusikan secara gratis dan bersifat multiuser, multitasking, dan sangat cocok untuk jaringan (networking). Linux merupakan system operasi yang sangat terkenal dan banyak digunakan setelah system operasi windows. Linux mempunyai tampilan grafis yang terpisah dengan system operasinya, hal ini berbeda dengan windows yang menggunakan tampilan grafis yang menyatu dengan system operasi, sehingga tampilan grafis rusak juga akan mempengaruhi sistemnya.
Linux yang beredar sangat banyak ragam dan tampilannya seperti SUSE, Mandrax, Redhat, Xandros, dan sebagainya. Selain itu terdapat Linux Live CD yaitu Linux yang bisa langsung dijalankan dengan booting dari CD dan tanpa instalasi, misalnya Linux Knoppix, Ubuntu, Slax, Damn Small Linux, Linux Gnoppix dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar