Kamis, 22 Juli 2010

INSTALL WINDOWS 98 SE

Walaupun sudah semakin jarangnya orang menggunakan system operasi Windows 98 SE, tetapi langkah-langkah install Windows 98 SE dalam bab ini bisa dijadikan sebagai langkah awal atau referensi bagi pengguna pemula yang ingin mempelajari cara menginstall system operasi. Selain itu Windows 98 SE bisa menjadi alternatife pilihan bagi anda yang mempunyai computer dengan spesifikasi yang minim, seperti Pentium II atau Celeron-PII.
Dalam bab ini akan dibahas Install Windows 98 SE unuk instalasi baru dan harddisk belum terpartisi. Untuk menginstall Windows 98 SE, hal yang perlu disiapkan adalah CD Master Win 98 SE dan Start up disk Win 98 SE. Start up disk Win 98 SE digunakan untuk partisi harddisk, format drive, dan setup.
Langkah-langkah dalam partisi harddisk (low level format) sebagai berikut :
- Masukkan disket start up Win 98 SE ke dalam floppy drive
- Hidupkan computer, masuk program BIOS ( setup BIOS), dengan menekan tombol-tombol tertentu seperti Delete, Tab, F2 dll
- Ubah boot up untuk pertama kali (first boot device) pada floppy disk atau removable disk, kemudia Save dan Exit.
- Selanjutnya akan masuk pada program Ms DOS. Kemudian ada tampilan menu sebagai berikut :

Win 98 Startup Menu
1. Start computer with CDROM support
2. Start computer without CDROM support
3. View the help file

Pilih 1 karena akan menginstall lewat CDROM
- Pada program Ms DOS pada A:\> ketik FDISK, lalu tekan Enter.
- Pada tulisan Do you wish to enable large disk support (Y/N)…….?, maka pilih Y (Yes), lalu tekan Enter
- Selanjutnya muncul menu seperti berikut :

FDISK Options

Current fixed disk drive: 1
Choose one of the following:
1. Create DOS partition or Logical DOS Drive
2. Set active partitioned
3. Delete partition or Logical DOS Drive
4. Display partition information
Enter choice:
Press Esc to exit FDISK

Tekan 1 untuk membuat partisi
- Selanjutnya muncul menu seperti berikut :

Create DOS Partition or Logical DOS Drive

Current fixed disk drive: 1
Choose one of the following:

1. Create Primary DOS Partition
2. Create Extended DOS Partition
3. Delete Partition or Logical DOS Drive
4. Create Logical DOS Drive (s) in the Extended DOS Partition

Enter Choice:
Press Esc to exit FDISK Options

Tekan 1 untuk membuat partisi utama (primary partition)
- Tentukan prosentase partisi. Isikan 100% jika hanya ingin membuat satu partisi (Drive C), dan jika ingin membuat lebih dari satu partisi isikan misalnya 30%, 50%, 70% dsb (misalnya akan membentuk Drive C dan Drive D)
- Kemudian pilih “2” untuk membuat partisi extended. Isikan sisa dari partisi pertama kemudian klik ESC dan FDISK akan membuat partisi logical secara otomatis. Pada menu utama yaitu FDISK Options pilih “2” (Set Active Partition), perintah ini untuk menentukan partisi hard disk yang digunakan sebagai booting yang berisi file system
- Tekan ESC dan restart computer, atau dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL
- Proses partisi sudah selesai, masuk program DOS kembali (star up Win98SE) dan saat muncul opsi pilihan, pilih CD ROM Support, karena kita akan menginstall WIN98SE dari CD ROM. Tunggu beberapa saat sampai muncul A:\>

Lakukan format drive (high level format). Format ini unuk membuat track pada permukaan piringan. Format dengan start up disk Win98SE akan menggunakan file system FAT32. Langkah-langkah format drive sebagai berikut :
- Pada A:\> ketik format C: lalu tekan Enter
- Selanjutnya muncul pesan sebagai berikut :

Warning, All Data On Non-Removable Disk
Drive C: Will be lost !
Process with format (Y / N)

- Tekan Y (Yes), maka proses format dilakukan, tunggu sampai beberapa waktu hingga 100%, setelah selesai muncul pesan sebagai berikut:

Format Complete
Writing out file allocation table
Complete
Calculating free space (this may take several minutes)…..
Complete

Volume label (11 caracters, ENTER for more) ?

Tuliskan nama label untuk drive C dengan maksimal 11 karakter, atau bisa langsung tekan ENTER.
- Setelah itu akan kembali ke A:/> masukkan CD master Win98SE pada CD drive. Lalu ketikkan drive dimana CD Win98SE terdapat, misalnya drive F:, maka ketik “F” lalu tekan Enter. Pada F:/> ketik “DIR”, setelah itu bila ada folder Win98SE, maka pada F:\> ketik“CDWin98SE” (ketikkan sesuai dengan nama foldernya) lalu tekan Enter. Setelah itu ketik “SETUP” lalu Enter.
Jika dituliskan urutannya akan seperti berikut :
A:/> F:
F:/> DIR
F:/>CDWin98SE
F:/Win98SE>SETUP

- Setelah itu akan muncul pesan seperti berikut :

Please wait while setup initializes.
Setup is now going to perform a routine check on your system.
To continue, press Enter. To quit setup, press Esc

Tekan “Enter” untuk melanjutkan proses. Selanjutnya windows akan melakukan scandisk pada semua driver pada computer Anda. Tunggu beberapa saat sampai selesai. Setelah selesai tekan “Exit”. Setelah itu proses dimulai dengan urutan sebagai berikut :
1. Preparing to run windows setup
2. Collecting information about your computer
3. Copying windows files to your computer
4. Restarting your computer
5. Setting up hardware and finalizing settings
Estimated time remaining:
30 – 60 minutes
- Saat proses “Collecting information about your computer” pada menu “select directory” terdapat pilihan default pada C:\Windows, artinya Anda akan menempatkan directory windows pada drive C: , kemudian klik Next>
- Pada kotak dialog “Setup Options” terdapat pilihan default pada Typical, atau dapat dipilih yang lain yaitu portable (untuk jenis computer portable, seperti laptop), compact (komponen windows saja yang diinstal ), atau custom (memilih komponen windows yang akan diinstall). Selanjutnya klik Next>
- Pada kotak dialog “Windows Component” terdapat pilihan default yaitu : - Install the most common components (Recomanded), atau bisa pilih – Show me the list of component so can choose. Selanjutnya klik Next>
- Pada kotak dialog “Identification”, ini mengidentifikasi computer di dalam jaringan. Isilah pada “Computer name, Workgroup, dan Computer Description”. Selanjutnya klik Next>
- Pada “Establishing your location” pilih Indonesia
- Pada kotak dialog Start Up Disk, ini akan membuat start up disk Win98SE dengan disket, klik Next>. Karena anda sudah punya start up disk maka klik “Cancel” yang berarti membuat start up disk. Saat muncul “Windows 98 Start Up Disk Remove the disk and then click OK to continue setup” maka keluarkan disket dari Floppy Drive, kemudian klik OK.
- Pada “Start copying files”klik Next>
- Selanjutnya proses copying windows dimulai, tunggulah sampai beberapa waktu dan anda bisa melihat pada “Estimated time remaining dan indicator prosentase”. Saat indicator mencapai 100% maka computer akan Restart Now.
- Selanjutnya akan muncul kotak dialog “User Information” isilah pada Name dan Company, lalu klik Next>.
- Pada Licence Agreement klik “I accept the Agreement”, kemudian klik Next>
- Pada kotak dialog “Windows Product Key” masukkan product key Win98SE. Product key biasanya dapat dilihat pada sampul atau cover CD. Selanjutnya klik Next>
- Pada kotak dialog “Satrt Wizard” klik Finish
- Proses selanjutnya adalah “Setting up hardware and finalizing setting”, tunggu sampai beberapa waktu. Kemudian computer akan melakukan restart secara otomatis atau klik Restart Now.
- Proses “Setting up hardware and finalizing setting” dilanjutkan kembali, tunggu beberapa saat. Saat muncul “Date Time Properties” cocokkan tanggal, bulan dan tahun sekarang. Pada Time Zone pilih (GMT+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Lalu klik “Apply” kemudian klik OK. Tunggu beberapa saat lagi sesudah itu computer akan melakukan restart atau klik Restart Now.
- Masuk windows, pada kotak dialog “Enter Windows Password” anda bisa mengisi password lalu klik OK, atau mengosongkan lalu klik Cancel. Proses selanjutnya detect hardware. Setelah selesai windows akan menampilkan desktop windows dan proses instalasi Win98SE sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar