Kamis, 22 Juli 2010

Install Driver VGA Pada Windows 98SE & Windows ME

Jika tampilan windows masih standard (resolusi 640x480 pixels dengan 16 colour) padahal monitor Anda mendukung untuk resolusi dan warna yang lebih dari itu, maka Anda harus menginstall VGA agar resolusi dan warna yang lebih dari itu, maka Anda harus menginstal VGA agar resolusi dan warna dapat ditingkatkan, misalnya menjadi resolusi 800x600 pixels dengan 24 bit warna.
Yang harus Anda persiapkan adalah master driver VGA (berupa CD atau media lainnya), jika VGA on board Anda bisa menggunakan master driver Main board yang biasanya disertakan waktu pembelian. Driver Main board ini untuk menginstal komponen-komponen board termasuk VGA (Jika VGA on Board).Jika anda memakai VGA card yang dipasang pada slot di main board, biasanya CD driver disertakan waktu pembelian VGA card.
Langkah-langkah install sebagai berikut :
- Jika Anda menggunakan driver Main board atau VGA card biasanya tinggal memasukkan CD driver Main board atau VGA card dan akan start up secara otomatis, atau lewat Windows Explorer pada CD drive klik Setup atau Install. Ikuti instruksinya sampai selesai. Jika Windows menghendaki untuk restart maka restart computer, restart ini biasanya untuk melihat efek tampilan yang baru.

Untuk langkah-langkah install yang lain sebagai berikut :
1. Buka Windows Explorer, klik Control Panel, klik Add New Hardware, klik Next>, kemudian klik Next> lagi
2. Pada kotak dialog “Add New Hardware Wizard” pilih NO, I Want to select the hardware from a list
3. Selanjutnya akn masuk pada pilihan Hardware type, pilih “Display adapters”. Kemudian klik Next>, lalu klik “Have Disk”
4. Pada kotak dialog “Install From Disk” maka ini akan mencari file Driver pada Floppy Disk, Hard disk, atau CDROM/RW. Jika Anda mempunyai file driver VGA pada CD, maka masukkan CD pada CD / DVD drive
5. Selanjutnya pada “Copy manufacturer’s files from:” klik Browse
6. Pada kotak dialog “Open” lihat pada driver: dan pilih pada driver mana Anda simpan file driver VGA Anda, jika pada CD maka pilih drve CD, jika pada Hard disk maka pilih pada Drive C;, Drive D;, dsb. Selanjutnya folder-folder akan tertampil pada kolom diatasnya. Kemudian carilah pada folder driver VGA, misal pada folder Win9x_ME, lalu klik OK. Bila ketemu maka akan tertampil nama file driver pada kolom disampingnya, kemudian klik OK. (Jika tidak ketemu berarti file driver berbentuk aplikasi (application), untuk ini Anda bisa melakukan install seperti poin pertama. Atau driver tersimpan dalam file kompresi seperti Win RAR, Win Zip dsb, untuk ini Anda harus melakukan ekstrak file terlebih dahulu)
7. Selanjutnya proses install, jika windows meminta file dari master Windows Win98SE, maka masukkan CD Win98SE. Untuk Windows ME, file master sudah tersimpan dalam folder Windows, jadi Anda tidak memasukkan CD Win ME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar